Pustakawan Kota Padang Panjang


Breaking News

Sunday 12 August 2018

Forum Pustakawan Sekolah Dasar

Padang panjang, 11 Agustus 2018


Setelah terbentuknya Forum Pustakawan Sekolah Dasar pada Jumat 3 Agustus 2018, forum yang digagas oleh Dinas Perpustakaan kota Padang Panjang ini mulai melakukan gerakan nyata ke pustaka yang ada di Padang Panjang, dengan gerakan yang dinamakan Bedah Pustaka. Pada gerakan ini dilakukan berbagai pembenahan terhadap pustaka yang terpilih untuk dilakukan "bedah". Pembenahan terdiri dari penginventaris buku yang ada di perpustakaan, pengelompokkan buku semenarik mungkin serta tata ruang yang baik bagi pustaka sekolah dasar. Perpustakaan sekolah dasar  terpilih sebagai yang pertama dilakukan bedah adalah SD 05 Pasar Usang.


perpustakaan sd 05 Pasar Usang, pengelola perpustakaan.

Kegiatan dilakukan mulai pagi pukul 08.00, perencanaan pertama bagaimana perpustakaan adalah agar dapat dibuat semenarik dan nyaman mungkin. Untuk itu dilakukan tata kelola ruang lagi bagi perpustakaan ini. Ruangan perpustakaan merupakan sarana penting dalam penyelenggaraan perpustakaan, perpustakaan sebagai unit pelayanan jasa, harus memiliki sarana kerja yang cukup dan permanen untuk menampung semua koleksi, fasilitas dan kegiatan perpustakaan sebagai unit kerja. 

Sarana yang dimaksud adalah sarana fisik dalam bentuk ruangan. Perpustakaan menyediakan fasilitas ruang baca yang nyaman dan aman bagi pemustakanya. Layanan ruang baca merupakan layanan yang diberikan oleh perpustakaan kepada pemustaka berupa tempat untuk melakukan kegiatan membaca. Biasanya penataan ruang baca diintegrasikan dengan rak koleksi dan sistem penelusuran informasi perpustakaan.

Dalam pengaturan ruang baca perpustakaan agar nyaman dan aman maka diperlukan adanya ilmu tata ruang. Ilmu tata ruang baca di perpustakaan sangat dibutuhkan karena merupakan salah satu aspek pembinaan perpustakaan yang memiliki pengaruh dan peranan yang sangat besar dalam memperlancar layanan maupun pelaksanaan fungsi perpustakaan. Setiap unit perlengkapan dan fasilitas ruangan hendaknya ditata menurut cara dan sistem yang tepat, baik dari segi pemilihan, pemasangan, maupun pemeliharaan fasilitas ruangan di perpustakaan.



pada saat bel istirahat, murid murid sangat antusias melihat pembenahan yang dilakukan, dan ada diantaranya yang mau turut ikut dalam pembenahan, mereka mau menolong dalam perapian buku yang ada diperpustakaan. perpustakaan selain tempat membaca bagi murid juga sebagai tempat bagi sarana belajar dengan menggunakan alat audiovisual, mereka dapat menonton film educatif.

kegiatan selanjutnya berupa pembenahan penginventaris buku pada buku induk perpustakaan dan pengolahan buku. 

kegiatan selesai siang pukul 13.00, semoga setelah dilakukan kegiatan ini dapat meningkatkan daya tarik kunjungan ke perpustakaan dan tentunya menaikkan nilai akademik bagi peserta didik.




2 comments:

Designed By Ekopry Wahyudi, Amd.